Minggu, 18 Mei 2014

Perbedaan motif dan motivasi


a.      Motif
Motif  berasal dari bahasa latin movene yang berarti bergerak atau to move (Branch: 1964).       Sedangkan menurut Alex Sobur dalam buku Psikologi Umum (2009:267) motif  merupakan dorongan, hasrat, keinginan, dan tenaga penggerak lainnya yang berasal dari dalam dirinya. Karena itulah motif diartikan sebagai kekuatan yang terdapat dalam diri organisme yang mendorong untuk berbuat sesuatu atau driving force.


                     Sedangkan,

b.      Motivasi
Merupakan keadaan dalam diri individu atau organisme yang mendorong perilaku ke arah tujuan. Adapun definisi lain mengenai motivasi dari Alex Sobur (2009: 268) motivasi berarti membangkitkan motif, membangkitkan daya gerak, atau menggerakkan seseorang/ diri sendiri untuk berbuat sesuatu dalam rangka mencapai suatu kepuasan/ tujuan.         




Perbedaan serta keterkaitan motif dan motivasi  

Seperti yang dijelaskan dalam definisi motif sebelumnya bahwa motif merupakan dorongan untuk melakukan sesuatu atau bisa disebut driving force. Sedangkan motivasi adalah kekuatan yang mengarahkan atau menyalurkan motif untuk perilaku yang memiliki tujuan instrumental behavior.                 



Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini (The Basic Motivational Cycle).      



Dalam gambar diatas motivasi (instrumental behavior) memicu perilaku tertuju pada tujuan (goal). Perilaku tertuju tersebut dapat berhenti tetapi akan kembali ke keadaan semula apabila ada sesuatu kebutuhan lagi.
Motif sebagai pendorong pada umumnya tidak dapat berdiri sendiri, tetapi saling kait mengait dengan faktor-faktor lain. Hal-hal yang dapat mempengaruhi motif tersebut adalah motivasi. (Alex Sobur: 220)


Daftar Pustaka
Sobur, Alex. 2009. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Walgito, Bimo. 1980. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI.



0 komentar:

Posting Komentar